IKAN SARDEN


Resep ikan sarden ini secara kebetulan diperoleh karena pada waktu itu saya lagi sibuk mau membuat kue untuk suatu acara anak-anak di sekolahnya. Karena mau  makan malam tidak ada sambal. Saya harus masak Tapi apa ya yang dibuat? yang gampang begitu. Bahannya ada ikan tuna di kulkas.Cabe giling ada. Kalau dibuat sampadeh ikan , anak -anak kurang suka. Saya coba ambil bawang putih dan bawang merah yang banyak. Dan jadilah sambalnya . Setelah saya coba , eh ternyata enak dan rasanya seperti ikan sarden kalengan.Ternyata resep yang selama ini saya  cari, saya dapatkan secara tidak sengaja. Itulah ikhmahnya saya  hari itu sibuk. Allah memberikan sesuatu ikhmah lewat kesibukan kita, asalkan kita tidak mengeluh. Ku beri nama resepnya ikan sarden karena rasanya seperti ikan sarden kalengan. Selain segar, cocok buat anak-anak karena tidak pedas. Ini jadi  salah satu resep vaforit keluarga, selain gampang dan cepat masaknya , juga enak rasanya.

Bahan

Bawang merah 9 siung
Bawang putih 5 siung
Tomat 2 buah ukuran sedang diblender dengan segelas air
Jeruk nipis 1 buah
Daun jeruk 1
Ikan tuna 3 ons yang sudah dipotong-potong
Cabe giling halus 1 ons


Cara Membuatnya

Bersihkan ikan , beri garam , air jeruk nipis. Dan diamkan setengah jam.
Haluskan bawang merah dan bawang putih. Disini bawang merah dan bawang putihnya agak banyak. Ini yang memberikan rasa tersendiri pada ikan sarden.
Tumis bawang merah dan bawang putih dan ikan  dengan minyak yang banyak  seperti kita mengoreng cabe. Dibolak-balik sampai harum dan bawang agak sedikit kecoklatan.
Masukan tomat yang sudah diblender, daun jeruk dan cabe giling halus.







Masak sampai airnya habis,




























Akhirnya seperti kita mengoreng ikan, yang tinggal minyaknya, airnya habis.




Jadilah ikan tuna sarden.




Komentar